Kamis, 05 Oktober 2017

Dua Kemenangan Indonesia Atas Kamboja

Indonesia menang 3-1 atas Kamboja dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung Rabu (4/10/2017) di Stadion Candrabhaga, Bekasi. Gol anak asuh Luis Milla diciptakan oleh Lerby Eliandri (31'), Muhammad Rezaldi Hehanusa (34'), dan Septian David Maulana (49'). Tidak seperti prediksi kebanyakan pemerhati sepak bola nasional, Luis Milla memberi kesempatan kepada Septian David sebagai gelandang serang di belakang Lerby Eliandri sebagai striker utama. Lantas, Muhammad Taufiq yang -bertahun-tahun absen dari timnas-dimainkan sejak menit pertama untuk berduet dengan Bayu Pradana sebagai gelandang bertahan. Untuk sektor lainnya sesuai perkiraan belaka. Andritany Ardhiyasa sebagai kiper. Kuartet bek diisi Beny Wahyudi, Achmad Jufrianto, Fachrudin Aryanto (kapten), dan Rezaldi. Duet sayap dihuni Andik Vermansah dan Febri Hariyadi. Pada sisi lain, Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, dan Evan Dimas disimpan di bangku cadangan. 

Para pemain yang masuk tim inti berhasil membayar kepercayaan yang diberikan pelatih. Lerby yang merupakan striker lokal tertajam di Liga 1 2017 mampu membuktikan dirinya mampu mencetak gol pula untuk timnas. Rezaldi, Septian, dan Febri yang bermain apik bersama timnas U-22 di SEA Games 2017 bisa melanjutkan tren positifnya di timnas senior. Gol Rezaldi dan Septian merupakan gol pertama mereka untuk timnas. Evan Dimas yang baru bermain di babak kedua juga bermain cukup bagus. Sementara itu, Ilham Udin menjalani debutnya bersama timnas senior. Kendati akhirnya tim tuan rumah menang, tapi permainan tim tamu sempat merepotkan Fachrudin dkk. 

Jika ada yang harus disayangkan, pertandingan Indonesia menghadapi Kamboja maupun Fiji (September lalu) ternyata tidak berbuah poin dalam peringkat FIFA karena tidak dicatat sebagai ujicoba resmi organisasi sepak bola dunia itu. Pada sisi lain, dampak pembekuan PSSI tahun 2015-2016 lalu jelas masih terasa karena Indonesia absen dalam Kualifikasi Piala Asia 2019 yang sebenarnya berpotensi meningkatkan poin dalam peringkat FIFA. Dan mencari lawan ujicoba ternyata bukan hal mudah bagi PSSI.

Materi Pemain Indonesia vs Kamboja
Andritany Ardhiyasa; Beny Wahyudi, Fachrudin Aryanto (Ricky Fajrin 79'), Achmad Jufrianto, Rezaldi Hehanusa; Bayu Pradana, Taufiq (Fadil Sausu 46'/Stefano Lilipaly 77'); Andik Vermansah (Ilham Udin 46'), Septian David (Evan Dimas 63'), Febri Hariyadi (Rizki Pora 77'); Lerby Eliandri (Irfan Bachdim 63')

Sementara itu, dalam pertandingan yang dimainkan sebelumnya, Indonesia U-19 juga mampu mengalahkan Kamboja U-19 dengan skor 2-0. Dua gol anak asuh Indra Sjafri baru tercipta di sepuluh menit terakhir laga melalui Muhammad Rafli Nursalim (87') dan Egy Maulana Vikri (89'). Timnas U-19 akan menghadapi Thailand dalam ujicoba berikutnya pada Minggu (8/10) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Rachmat Irianto dkk akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 yang merupakan bagian dari persiapan menuju turnamen yang setahun mendatang berlangsung di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar