Rabu, 11 Oktober 2017

Masih Ada Messi dan Ronaldo di Piala Dunia 2018

Sempat ada kekhawatiran publik sepak bola tidak akan bisa menyaksikan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bermain di Piala Dunia 2018 Rusia karena belum jelasnya nasib Argentina dan Portugal dalam babak kualifikasi. Namun, kita boleh berlega hati karena nyatanya Argentina dan Portugal berhasil meraih tiket ke Rusia setelah menang dalam pertandingan penentuan. Argentina mengalahkan Ekuador 3-1 dalam laga tandang yang berlangsung di Quito pada Selasa (10/10/2017) waktu setempat. Messi menjadi pahlawan kemenangan La Albiceleste dengan memborong semua gol, meski timnya sempat tertinggal 0-1. Argentina akhirnya menempati posisi ketiga dengan poin 28 dalam klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di bawah Brasil (41) dan Uruguay (31), serta di atas Kolombia (27).  Keempat tim resmi menjadi wakil zona CONMEBOL di Rusia. Peringkat kelima yang dihuni Peru akan menjalani play-off menghadapi Selandia Baru. Cile, juara Copa America 2015 dan 2016, secara ironis gagal ke Rusia setelah kalah 0-3 dari Brasil dalam pertandingan pamungkas.

Portugal berhasil memastikan tiket Piala Dunia 2018 setelah menang 2-0 atas Swiss dan menjadikannya juara Grup B zona Eropa. Juara Piala Eropa 2016 tersebut memiliki poin yang sama dengan Swiss, tapi unggul dalam selisih gol. Tim wakil UEFA yang sudah pasti tampil di Rusia tahun depan adalah Prancis (juara Grup A), Portugal (B), Jerman (C), Serbia (D), Polandia (E), Inggris (F), Spanyol (G), Belgia (H), dan Islandia (I). Delapan runner-up masih berpeluang lolos dengan kewajiban menjalani play-off, di antaranya Italia, Kroasia, Swedia, dan Swiss. Belanda dan Wales dipastikan absen di Piala Dunia 2018. Kita tidak akan menyaksikan aksi Arjen Robben dan Gareth Bale bersama tim nasional masing-masing di Rusia. Robben bahkan langsung menyatakan diri pensiun dari timnas Belanda.

Mengingat usia Messi dan Ronaldo yang sudah di atas 30 tahun, bisa jadi Piala Dunia 2018 akan menjadi turnamen antarnegara terakhir bagi keduanya. Messi pasti sangat penasaran setelah timnya kalah dari Jerman dalam final Piala Dunia 2014 Brasil. Sehabis membawa timnya juara Eropa, Ronaldo pasti ingin mengukir prestasi lebih mentereng di Piala Dunia. Maka bakal sangat menarik menanti kiprah mereka dalam persaingan membawa timnya menjadi yang terbaik sejagad raya. Di antara negara-negara yang sudah lolos, Argentina dan Portugal tentu layak pula menjadi kandidat juara, selain nama-nama langganan seperti Brasil, Jerman, Spanyol, dan Prancis. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar