Selasa, 14 November 2017

Bhayangkara FC Juara Liga 1, Semen Padang Degradasi

Gojek Traveloka Liga 1 2017 akhirnya usai sudah. Bhayangkara FC menjadi juara liga kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang secara resmi baru digelar lagi tahun ini setelah sempat dua tahun tiada. Pertandingan pamungkas telah dimainkan seluruhnya pada Minggu (12/11/2017). Memang patut disayangkan bahwa terdapat kontroversi yang mengiringi kepastian gelar bagi Bhayangkara, yaitu dengan terbitnya surat keputusan Komisi Disiplin PSSI yang memberi poin kemenangan bagi tim besutan Simon McMenemy karena Mitra Kukar memainkan Mohammed Sissoko yang ternyata belakangan diketahui masih dalam status skorsing. Tapi, ya sudahlah. Yang penting Liga 1 2017 bisa berakhir, meski sejak awal sudah banyak kontroversi, terutama dari PSSI selaku induk organisasi dan PT LIB sebagai operator kompetisi. Bhayangkara di pekan terakhir mengumpulkan poin 68, sama dengan Bali United, tapi tim yang bermarkas di Stadion Patriot Chandrabhaga itu unggul head-to-head.

Bali United pun harus puas menghuni peringkat kedua, tapi anak asuh Widodo C Putro menjadi tim paling produktif dengan total 76 gol dan Sylvano Comvalius menjadi top scorer Liga 1 2017 dengan 37 gol yang menjadi rekor baru dalam sejarah Liga Indonesia. Kejutan memang begitu banyak mewarnai kompetisi musim ini yang disponsori oleh dua produk aplikasi buatan dalam negeri. Persaingan Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, dan Madura United sama sekali tidak terprediksi di awal musim. Tim-tim yang biasanya berada di papan atas justru terpuruk di papan tengah dan papan bawah, seperti Persipura (6), Arema FC (9), Sriwijaya FC (11), dan Persib (13). Persija beruntung akhirnya justru menghuni empat besar di atas Madura dan Persipura yang dalam sekian pekan terakhir sempat bersaing ketat memperebutkan gelar bersama Bhayangkara, Bali, dan PSM.



Kejutan lain adalah Semen Padang yang secara ironis mengalami degradasi ke Liga 2. Klub kebanggaan Sumatera Barat itu sebenarnya mampu mengalahkan PS TNI 2-0 di laga terakhir, tapi sayangnya di saat bersamaan -secara tak terduga- Perseru Serui sukses membuat Persib kalah 0-2 di Bandung. Semen Padang pun turun kasta mengikuti Gresik United dan Persiba Balikpapan, sedangkan Perseru bertahan di Liga 1 musim depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar