Minggu, 29 April 2018

Indra Sjafri Kembali Latih Indonesia U-19

Pada bulan hari lahir PSSI di tahun 2018, terdapat beberapa hal yang layak dicatat dan bisa menjadi bahan renungan menghadapi masa depan. Sebagai bagian dari persiapan menjadi tuan rumah Asian Games pada Agustus mendatang dan memanfaatkan momentum ulang tahunnya, PSSI mengadakan sebuah turnamen untuk timnas U-23 yang diikuti Indonesia, Bahrain, Korea Utara, dan Uzbekistan. Turnamen tersebut berlangsung pada 27 April-3 Mei 2018 dan anehnya waktunya bersamaan dengan Gojek Liga 1 yang memainkan pekan keenamnya. Meskipun bukan pertandingan resmi FIFA, tapi ketika timnas bermain mestinya tidak ada klub yang sedang bertanding.

Batalnya laga Persija vs Persib di SUGBK yang sedianya akan dimainkan Sabtu (28/4) menjadi kabar tak bagus akhir bulan ini. POLDA Metro Jaya selaku penanggung jawab keamanan ibukota beralasan waktu pertandingan terlalu dekat dengan peringatan hari buruh yang jatuh 1 Mei. Prasangka buruk pun bertebaran dari berbagai pihak. Sebelumnya, pada pekan keempat Liga 1 juga terjadi insiden di tempat yang berbeda yang mengakibatkan tewasnya suporter Persebaya dan Arema FC.  Laga Arema vs Persib (15/4) diakhiri dengan turunnya sebagian penonton ke dalam lapangan yang membuat suasana Stadion Kanjuruhan tidak kondusif dan sayang sekali hingga membuat jatuhnya korban jiwa. Komisi Disiplin PSSI sudah memberi sanksi berupa ditutupnya tribun tertentu di kandang Arema dan denda yang besar. Beruntunglah bahwa Aremania bisa tersenyum kembali setelah tim kesayangan mereka akhirnya meraih kemenangan pertamanya ketika menjamu Persipura (27/4).

Hal positif tetap ada April ini, yaitu kembali ditunjuknya Indra Sjafri sebagai pelatih timnas Indonesia U-19. Joko Driyono sebagai Plt Ketua Umum PSSI mengumumkannya sendiri didampingi oleh Ratu Tisha, Sekjen PSSI nan jelita. Akhir tahun 2017 lalu Indra Sjafri tidak diperpanjang kontraknya dan digantikan oleh Bima Sakti, disertai dengan kata-kata kasar Ketua Umum PSSI yang kini sedang cuti karena ambisinya menjadi gubernur Sumut. Sepertinya lebih baik beliau terpilih menjadi kepala daerah dan berkonsentrasi di sana saja. Kembalinya Indra Sjafri menjadi kabar gembira bagi Egy Maulana dkk yang akan berlaga di Piala AFF U-18 dan Piala Asia/AFC U-19.

Keberhasilan Persija lolos ke semifinal zona ASEAN di Piala AFC merupakan sesuatu yang baik dan pantas disyukuri pula. Macan Kemayoran akan berhadapan dengan Home United pada Mei mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar