Senin, 16 Juli 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018!


Perhelatan paling akbar sepak bola tahun ini berakhir sudah. Les Bleus mengukir sejarah menjadi juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Dalam final yang dimainkan pada Minggu (15/7) di Stadion Luzhniki Moskow, Prancis berhasil mengalahkan Kroasia 4-2 dalam sebuah pertandingan yang berlangsung impresif. Gol bunuh diri Mario Mandzukic-yang berusaha menghalau tendangan bebas Antoine Griezmann-mengawali keunggulan tim besutan Didier Deschamps di menit ke-18. Ivan Perisic menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-28. Sepuluh menit kemudian tendangan penalti Griezmann menaklukkan Danijel Subasic. Wasit memutuskan memberi hadiah penalti kepada Les Bleus setelah menggunakan VAR dan memastikan Perisic handball di kotak penalti Vatreni. Babak pertama berakhir 2-1 dengan gol yang tercipta setiap 10 menit sejak menit ke-18. Prancis berada di atas angin setelah tendangan keras Paul Pogba (59') dan Kylian Mbappe (65') dua kali menjebol gawang Subasic. Tim Ayam Jantan unggul 4-1. Gol Mandzukic yang memanfaatkan kesalahan Hugo Lloris di menit ke-69 hanya mampu menipiskan kekalahan menjadi 4-2. 

Prancis meraih Piala Dunia keduanya setelah menjuarainya untuk pertama kali pada 20 tahun silam. Didier Deschamps menjadi orang ketiga yang menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain sekaligus pelatih. Dia mengikuti jejak Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman). Meskipun kalah di final, Kroasia yang dilatih oleh Zlatko Dalic telah meraih prestasi terbaiknya di Piala Dunia 2018. Luka Modric dkk selalu bermain menyerang, penuh semangat, dan pantang menyerah sepanjang turnamen.

Beberapa penghargaan khusus diberikan kepada sejumlah nama. Luka Modric yang sukses membawa Kroasia hingga final menjadi pemain terbaik. Kylian Mbappe yang menjadi pemain termuda kedua (19 tahun 207 hari) yang bisa mencetak gol di final Piala Dunia-setelah Pele (17 tahun 249 hari) di PD 1958-dan total membuat empat gol terpilih sebagai pemain muda terbaik. Harry Kane (Inggris) menjadi pencetak gol tersubur dengan enam gol. Thibaut Courtois (Belgia) menjadi kiper terbaik. FIFA Fair Play diberikan kepada Spanyol. Sementara itu, Belgia menempati peringkat ketiga di Rusia setelah menang 2-0 atas Inggris pada Sabtu (14/7). Thomas Meunier dan Eden Hazard menjadi pencetak gol Belgia dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Saint Petersburg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar