Rabu, 15 Juni 2016

Kemenangan Tim Unggulan di Laga Perdana Euro 2016

Ekpresi Gerard Pique (Spanyol) sesaat setelah membobol gawang Petr Cech (Rep. Ceska).


Piala Eropa 2016 Prancis telah berlangsung sejak 10 Juni 2016. Seluruh 24 tim peserta yang terbagi dalam enam grup sudah melewati laga perdananya. Sejumlah tim unggulan mampu meraih kemenangan, yaitu Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia. Prancis menundukkan Rumania 2-1. Olivier Giroud dan Dimitri Payet, dua pemain yang bermain di klub Liga Inggris, menjadi pahlawan kemenangan tim tuan rumah. Gol Skhodran Mustafi dan Bastian Schweinsteiger membawa juara dunia Jerman mengandaskan Ukraina 2-0. Gol itu sangat istimewa bagi Schweini karena dia turun sebagai pemain pengganti dan berkali-kali didera cedera sepanjang musim lalu.



Kemenangan Spanyol dan Italia menjadi awal yang sempurna bagi kedua finalis Piala Eropa 2012 yang sama-sama terpuruk ketika tampil di Piala Dunia 2014. Spanyol yang merupakan peraih trofi Piala Eropa 2008 dan 2012 menaklukkan Republik Ceska 1-0 lewat gol sundulan Gerard Pique yang menerima assist dari Andres Iniesta. Perubahan besar terjadi di sektor penjaga gawang Tim Matador ketika David de Gea diberi kepercayaan untuk menjadi kiper utama menggantikan Iker Casillas. Italia menunjukkan jatidirinya sebagai tim yang tidak layak diremehkan, biarpun tampil tanpa sejumlah pemain utamanya yang cedera. Belgia yang merupakan penghuni nomor satu peringkat FIFA justru takluk 0-2 dari Gli Azzuri yang sebelum turnamen sebenarnya tidak terlalu diunggulkan. Gol Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle memastikan keunggulan anak asuh Antonio Conte.



Inggris yang digadang-gadang bakal melangkah jauh ditahan imbang Rusia 1-1. Eric Dier mencetak gol indah lewat tendangan bebas yang membuat The Three Lions unggul lebih dulu. Sementara itu, Wales menjadi satu-satunya tim debutan yang meraih kemenangan ketika Gareth Bale dkk menaklukkan Slovakia 2-1. Bale menjadi pencetak gol pertama Wales dalam sejarah Piala Eropa. Islandia yang juga baru pertama kalinya tampil di Piala Eropa mampu membuat kejutan dengan menahan imbang Portugal 1-1. Luca Modric menjadi pencetak gol tunggal Kroasia ke gawang Turki. 



Bale dan Modric adalah pemain Real Madrid yang berhasil membuat gol sekaligus memenangkan timnya di pertandingan pertama Piala Eropa 2016. Para pemain Los Blancos lainnya yang meraih hasil positif adalah Toni Kroos (Jerman) dan Sergio Ramos (Spanyol). Pepe dan Cristiano Ronaldo (Portugal) sebatas mampu bermain imbang, sementara Lucas Vasquez (Spanyol) dan Mateo Kovacic (Kroasia) masih duduk di bangku cadangan belaka. Total terdapat delapan pemain klub juara Liga Champion Eropa 2015/16 yang membela negaranya masing-masing di Prancis.


Graziano Pelle (Italia) mendapat pengawalan ketat Marouane Fellaini (Belgia).
Hasil pertandingan pertama Piala Eropa 2016 :
Grup A : Prancis vs Rumania (2-1); Albania vs Swiss (0-1)
Grup B : Wales vs Slovakia (2-1); Inggris vs Rusia (1-1)
Grup C : Jerman vs Ukraina (2-0); Polandia vs Irlandia Utara (1-0)
Grup D : Spanyol vs Rep.Ceska (1-0); Turki vs Kroasia (0-1)
Grup E : Rep.Irlandia vs Swedia (1-1); Belgia vs Italia (0-2)
Grup F : Austria vs Hungaria (0-2); Portugal vs Islandia (1-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar