Rabu, 29 Juni 2016

Tersingkirnya Spanyol dan Inggris di 16 Besar Euro 2016

Para pemain Italia berhasil menghadang para pemain Spanyol (27/6/16).

Tersingkirnya Spanyol dan Ingris di babak perdelapan final Piala Eropa 2016 menjadi kabar paling menghebohkan dari Prancis. Italia adalah tim yang menaklukkan sang juara Piala Eropa dalam dua edisi terakhir (2008 dan 2012). Kemenangan 2-0 Gli Azzuri atas La Furia Roja menjadi pembalasan yang setimpal atas kekalahan 0-4 di final Euro 2012 lalu. Gol yang dicetak Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle ke gawang David de Gea mengakhiri mimpi Spanyol menjadi timnas sepak bola terbaik di Eropa untuk ketiga kalinya secara beruntun dalam satu dekade. Tim asuhan Vicente del Bosque tidak mampu melanjutkan kesuksesan Real Madrid maupun Sevilla -dua klub Spanyol- yang merajai Liga Champion dan Liga Europa musim 2015/16 yang baru berlalu. Sementara Antonio Conte justru membuktikan dirinya sebagai juru taktik yang piawai, kendati tim asuhannya disebut-sebut sebagai timnas Italia terburuk dari sisi materi pemainnya saat ini. Penampilan Gianluigi Buffon dkk tak lagi layak diremehkan, termasuk oleh Jerman yang akan menjadi lawan Italia di perempat final Sabtu mendatang (2/7) waktu Prancis. 

Sementara itu, kekalahan Inggris 1-2 dari Islandia barangkali menjadi kejutan terbesar di 16 besar Piala Eropa 2016. Meskipun sempat unggul melalui gol penalti Wayne Rooney, The Three Lions akhirnya mesti takluk oleh salah satu tim debutan di Euro 2016 tersebut. Diperkuat oleh sejumlah pemain muda berbakat semacam Eric Dier, Delle Alli, Harry Kane, dan Marcus Rashford, tim besutan Roy Hodgson digadang-gadang bakal melaju cukup jauh menjalani turnamen di Prancis. Namun kenyataannya sebuah tim dari negeri kecil antah-berantah justru mampu mengandaskan tim dari negara yang sepak bolanya begitu tenar. Terlebih lagi, Liga Primer Inggris pun kerap disebut sebagai liga sepak bola paling prestisius di atas buana. Kekalahan paling memalukan dalam sejarah sepak bola Inggris itu membuat Roy Hodgson langsung mengundurkan diri dari kursi pelatih timnas. Keluarnya Inggris dari ajang Euro 2016 menyusul hasil referendum rakyat Inggris (Britania Raya) yang mayoritasnya (52%) ternyata memutuskan keluar dari Uni Eropa atau yang biasa disebut Brexit (British Exit). Uniknya, suporter Islandia membuat spanduk dan poster bertuliskan 'Brexit Vol.2' ketika menyaksikan laga Inggris versus Islandia. Hal itu ternyata sungguh menjadi nyata. Islandia sendiri akan menantang tuan rumah Prancis untuk memperebutkan tiket semifinal. 

Ada sebuah benang merah dari dua laga terakhir 16 besar Piala Eropa 2016 yang berlangsung Senin malam (27/6) waktu Prancis. Italia dan Islandia -yang menjadi pemenang- sama-sama menggunakan kostum berwarna biru, sementara Spanyol dan Inggris -sebagai tim pecundang- sama-sama mengenakan kostum serba putih.


Islandia sukses membuat Inggris tersungkur di Euro 2016 (27/6/16).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar