Rabu, 31 Mei 2017

Berbagi Gelar di Sejumlah Liga Eropa

Kecuali Liga Italia yang tetap didominasi oleh Juventus yang begitu superior, akhir musim 2016/17 di liga-liga sepak bola utama Eropa lainnya menghasilkan juara liga dan pemenang piala (cup competition) yang berbeda. Laksana ada komitmen untuk berbagi gelar di antara klub-klub di Liga Spanyol, Inggris, Jerman, dan Prancis. 


Real Madrid berhasil mengakhiri puasanya selama empat musim dengan menjadi juara La Liga. Barcelona yang gagal mengukir rekor tiga musim beruntun juara liga masih mendapat gelar hiburan berupa trofi Copa del Rey setelah mengalahkan Alaves 3-1 pada Sabtu (27/5/2017) pekan lalu . Laga itu juga menjadi ajang perpisahan bagi pelatih kedua tim, Luis Enrique dan Mauricio Pellegrino. Kabar mundurnya Luis Enrique dari kursi pelatih El Barca sudah diumumkan sejak sekian bulan lalu. Pihak manajemen telah menunjuk Ernesto Valverde, pelatih Athletic Bilbao, sebagai penggantinya untuk dua musim ke depan. Sementara itu, Pellegrino mengundurkan diri dua hari setelah Alaves kalah di final Copa del Rey dan kemungkinan akan menangani klub lain di Spanyol atau Inggris.  

Chelsea menjadi kampiun Liga Premier di bawah Antonio Conte sebagai pelatih anyarnya. Arsenal merebut Piala FA setelah di final menundukkan Chelsea 2-1 pada Sabtu (27/5). Arsene Wenger terbukti masih mampu membuat pencinta The Gunners kembali tertawa gembira di akhir musim, meski gagal lolos ke Liga Champion musim depan. Manajer gaek asal Prancis itu pun dipastikan masih akan menangani Arsenal lagi hingga dua musim mendatang. Satu trofi juara lagi bagi klub Inggris, Piala Liga, lebih dahulu diraih Manchester United pada April lalu.


Bayern Muenchen masih terus menjadi penguasa sejati Bundesliga dengan Carlo Ancelotti sebagai arsitek timnya. Die Roten mencatat rekor lima musim beruntun menjuarai Liga Jerman dan sekaligus menambah rekor pribadi Ancelotti yang sebelumnya pernah membawa tim yang dilatihnya menjadi juara di Liga Italia (AC Milan), Liga Inggris (Chelsea), dan Liga Prancis (PSG). Philipp Lahm dan Xabi Alonso, dua pemain senior Muenchen, memutuskan pensiun sebagai pemain setelah timnya juara. Borussia Dortmund menjadi juara DFB Pokal setelah di final menang 2-1 atas Eintracht Frankfurt. Namun, pihak manajemen Dortmund lalu memecat Thomas Tuchel setelah dua musim melatih Piere-Emerick Aubameyang dkk. Sementara itu, AS Monaco berhasil menjuarai Ligue 1 dan mengakhiri dominasi Paris Saint-Germain dalam sekian musim terakhir. PSG sendiri masih mendapat hadiah hiburan berupa juara Coupe de Francs (Piala Prancis) setelah di final mengalahkan Angers 1-0. Sebelumnya, tim besutan Unai Emery telah mendapat trofi Piala Liga Prancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar