Minggu, 26 April 2020

Pemain Terkemuka Timnas Indonesia


Salut untuk jurnalis FourFourTwo Indonesia yang pernah menyusun daftar 83 Pemain Terkemuka Timnas Indonesia dalam edisi April 2013. Hal itu dilakukan untuk menyambut ulang tahun ke-83 PSSI. Banyak nama yang berjaya puluhan tahun silam, seperti Maulwi Saelan, Djamiat Dalhar, Ramang, hingga Soetjipto Soentoro, Ronny Pattinasarany, Risdianto, Iswadi Idris, Abdul Kadir, dan Sutan Harhara. 
Ada para pemain era 1980-an, seperti Hermansyah, Herry Kiswanto, Elly Idris, Marzuki Nyak Mad, Patar Tambunan, Zulkarnaen Lubis, Bambang Nurdiansyah, Rully Nere, Ricky Yakobi, dan Ribut Waidi. 



Setelah itu adalah mereka yang bermain pada 1990-an dan seterusnya, ketika saya sudah menjadi penonton setia timnas Indonesia. Di antaranya adalah Eddy Harto, Ferril Hatu, Robby Darwis, Sudirman, Toyo Haryono, Aji Santoso, Agung Setyabudi, Anang Ma'ruf, Sugiantoro, Aples Tecuari, Fachri Husaini, Hendro Kartiko, Bima Sakti, Rochy Putiray, Widodo Cahyono Putro, Kurniawan Dwi Yulianto, Budi Sudarsono, Bambang Pamungkas, Elie Aiboy, Firman Utina, dan Boaz Solossa. Cristian Gonzales menjadi satu-satunya pemain naturalisasi yang masuk daftar. Striker berdarah Uruguay itu tercatat mencetak 11 gol dalam 19 kali penampilannya bersama Tim Merah Putih.



1 komentar: