Kamis, 16 Februari 2017

Kemenangan Madrid dan Muenchen

Real Madrid dan Bayern Muenchen berhasil memetik kemenangan dalam laga pertama perdelapan final Liga Champion Eropa 2016/17 yang dimainkan pada Rabu (15/2/2017) waktu setempat. Madrid menaklukkan Napoli 3-1 di Santiago Bernabeu. Meskipun tim tamu mampu mencetak gol lebih dulu melalui Lorenzo Inisigne di menit ke-8, tapi Los Blancos berhasil membalikkan keadaan dengan gol yang dibuat Karim Benzema (19'), Toni Kroos (49'), dan Casemiro (54'). Benzema mencatat rekor baru sebagai pemain Prancis dengan koleksi gol terbanyak di Liga Champion (51) melewati catatan Thierry Henry (50). Menjamu klub Italia yang pernah diperkuat Diego Maradona, Zinedine Zidane bisa menurunkan sejumlah pemain yang telah pulih dari cederanya, seperti Dani Carvajal, Luka Modric, dan James Rodriguez. 

Kemenangan di depan publik sendiri membuat peluang Cristiano Ronaldo dkk melaju ke babak selanjutnya terbuka lebar. Namun, Los Merengues tetap harus menjaga performa dan waspada agar tidak terjungkal ketika bermain di San Paolo pada laga kedua. Sementara itu, terdapat dua pemain Napoli yang pernah berkostum Real Madrid dan untuk pertama kalinya mereka kembali ke Santiago Bernabeu bersama tim tamu. Mereka adalah Raul Albiol dan Jose Callejon.
Karim Benzema mencetak golnya ke-51 di Liga Champion Eropa.
Bayern Muenchen sukses menghempaskan Arsenal 5-1 di Allianz Arena. Thiago Alcantara memborong dua gol, sedangkan gol Die Roten lainnya dibuat Arjen Robben, Robert Lewandowski, dan Thomas Mueller. Gol tunggal The Gunners dicetak Alexis Sanchez. Tim besutan Arsene Wenger ternyata memiliki rekor buruk selalu kalah dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champion dalam enam tahun terakhir. Sialnya, Arsenal selalu gagal melangkah ke 8 besar setelah kekalahan tersebut. Muenchen yang kini ditangani Carlo Ancelotti sebenarnya tidak tampil sehebat beberapa musim terakhir ketika menjalani musim ini, baik di Liga Jerman maupun di Liga Champion. Namun, FC Bayern memang memiliki tradisi cemerlang setiap bertemu The Guners di Eropa. Muenchen pernah menghentikan laju Arsenal di perempat final musim 2012/13 dan 2013/14.
Mats Hummels berusaha menghadang laju Alexis Sanchez.
Madrid dan Muenchen lolos ke babak perdelapan final sebagai peringkat kedua grup. Madrid berada di bawah Borussia Dortmud yang menjadi juara Grup F. Muenchen pun harus puas di bawah Atletico Madrid sebagai juara Grup D. Beruntunglah kedua tim tersebut tidak bertemu tim-tim unggulan lainnya di 16 besar dan terhindar dari final kepagian. Napoli adalah juara Grup B dan Arsenal juara Grup A, tapi mereka keok di laga pertama perdelapan final Liga Champion 2016/17. Uniknya, PSG dan Benfica -yang menang di hari sebelumnya- juga berstatus sebagai runner-up grup masing-masing. Barcelona dan Dortmund yang menjuarai Grup C dan F sama-sama bertekuk lutut. 

Ada fakta unik lainnya. Ketika Barcelona kalah telak dari PSG dan Lionel Messi dkk gagal mencetak gol, justru dua mantan pemain Blaugrana berhasil membobol gawang lawan pada laga Muenchen versus Arsenal. Thiago Alcantara membuat dua gol, sementara Alexis Sanchez mencetak satu gol. Sementara itu, kala Madrid meraih kemenangan, mantan pelatih dan pemain Los Blancos di klub lain pun menggapai hasil positif. Ancelotti membawa Muenchen mengungguli Arsenal, dengan Arjen Robben menyumbang sebuah gol. Sehari sebelumnya, Angel di Maria mencetak dwigol ketika Les Parisiens membantai El Barca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar