Senin, 05 Desember 2016

Gol Hansamu dan Boaz Bawa Indonesia Menang

Semifinal pertama Piala AFF 2016 antara Indonesia melawan Vietnam telah berlangsung dengan hasil menggembirakan bagi tim tuan rumah. Pada pertandingan yang dimainkan Sabtu malam lalu (3/12/16) di Stadion Pakansari Bogor, yang dipadati sekitar 30.000 penonton, termasuk Presiden RI Joko Widodo, Tim Merah Putih mampu menang 2-1. Tanpa duo bek tengah Fachruddin dan Yanto Basna, Alfred Riedl memberi kepercayaan kepada Manahati Lestusen dan Hansamu Yama Pranata. Secara mengejutkan, Hansamu yang baru menjalani debutnya bersama timnas senior justru mampu membuka kemenangan melalui gol sundulannya di menit ke-7 memanfaatkan sepak pojok dari Rizky Pora. Mantan bek timnas U-19 itu belakangan mencuat namanya sebagai pemain yang mencederai Irfan Bachdim dalam latihan, yang membuat sang striker berdarah Belanda gagal bermain di Piala AFF 2016. Hansamu berhasil memanfaatkan kesempatan untuk menebus kesalahannya ketika akhirnya bisa membela skuat Garuda di laga semifinal pertama. 

Vietnam sempat membuat kedudukan menjadi 1-1 ketika wasit menunjuk titik penalti karena berasumsi Beny Wahyudi melakukan pelanggaran di muka gawang Kurnia Meiga. Namun, timnas akhirnya bangkit di babak kedua dan kembali mengungguli tim tamu. Pelanggaran yang dilakukan terhadap Stefano Lilipaly di kotak penalti Vietnam membuat wasit memberi hadiah penalti untuk Indonesia. Boaz Solossa tidak menyia-nyiakan kesempatan dan membuat Indonesia akhirnya menang 2-1. Koleksi gol Boaz di Piala AFF 2016 pun menjadi tiga buah.

Sehabis pertandingan, Presiden Jokowi turun dari tribun kehormatan untuk memberi ucapan selamat langsung kepada Boaz Solossa dkk. Tentu menjadi sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi para pemain mendapat perhatian istimewa dari sang pemimpin negara. Semifinal kedua akan berlangsung Rabu mendatang (7/12) di Stadion My Dinh Hanoi. Indonesia tinggal mencari hasil imbang untuk memastikan langkah melaju ke final.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar