Rabu, 14 Desember 2016

Indonesia Menang di Final Pertama

Indonesia berhasil mengalahkan Thailand 2-1 dalam final pertama Piala AFF 2016 yang berlangsung Rabu (14/12) di Stadion Pakansari, Bogor. Alfred Riedl menurunkan materi pemain yang sama ketika bermain imbang 2-2 dengan Vietnam di semifinal kedua sepekan silam. Formasi yang dipakai adalah 4-2-3-1. Skuat Garuda harus bermain tanpa Andik Vermansah yang menderita cedera dan digantikan oleh Zulham Zamrun pada menit ke-19. Barangkali ada yang lantas mengingat cederanya Cristiano Ronaldo dalam partai puncak Euro 2016 antara Portugal versus Prancis, yang akhirnya dimenangkan Selecao sekian bulan lalu. Ternyata demikian pula yang terjadi dalam laga Indonesia melawan Thailand. Tim tamu sempat membuat pendukung tim Merah-Putih terhenyak kala Teerasil Dangda membobol gawang Kurnia Meiga di menit ke-33. Boaz Solossa dkk tertinggal 0-1 hingga babak pertama berakhir. 

Indonesia akhirnya bisa tampil lebih apik di babak kedua. Tendangan keras Rizky Pora dari luar kotak penalti -yang membentur bek Thailand- menghasilkan gol penyama kedudukan di menit ke-65. Tak lama berselang, sepak pojok yang dilakukan Rizky berhasil disundul oleh Hansamu Yama dan membuat tim tuan rumah unggul 2-1. Rizky dan Hansamu kebetulan bermain di klub yang sama, Barito Putera. Menjadi aktor penting kemenangan timnas dengan satu gol dan satu assist membuat Rizky Pora terpilih sebagai pemain terbaik pertandingan.

Kemenangan di final pertama membuat langkah tim Merah-Putih untuk merengkuh trofi menjadi kian terbuka. Namun, kegembiraan atas hasil di Stadion Pakansari tak perlu berlebihan karena perjuangan belum usai. Semoga Indonesia bisa menahan imbang Thailand di semifinal kedua Sabtu (17/12) mendatang agar Piala AFF memiliki juara anyar di tahun 2016. 

Susunan pemain Indonesia :
1.Kurnia Meiga; 2.Beny Wahyudi (12.Lerby Eliandry 69'), 16.Fachruddin Aryanto, 23.Hansamu Yama, 3.M.Abduh Lestaluhu; 16.Bayu Pradana, 25.Manahati Lestusen; 21.Andik Vermansah (10.Zulham Zamrun 19'), 8.Stefano Lilipaly, 14.Rizky Pora; 7.Boaz Solossa (9.Ferdinand Sinaga 78')
Cadangan :
22.Teja Paku Alam, 26.Andritany Ardhiyasa; 3.Abdul Rachman, 13.Rudolf Yanto Basna, 27.Gunawan Dwi Cahyo; 6.Evan Dimas Darmono, 11.Dedi Kusnandar, 18.Bayu Gatra; 17.Muchlis Hadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar