Kamis, 30 Maret 2017

Rekor Donnarumma dan Deulofeu Bersama Negaranya

Gianluigi Donnarumma mencatat rekor baru sebagai kiper termuda Italia yang tampil sebagai pemain inti ketika timnya mengalahkan Belanda 2-1 dalam ujicoba internasional yang berlangsung Selasa (28/3/2017) di Amsterdam Arena. Penjaga gawang AC Milan itu berusia 18 tahun 31 hari saat mencetak sejarah bagi sepak bola Italia. Gigio pernah dua kali turun membela Gli Azzuri ketika menghadapi Prancis dan Jerman dalam ujicoba di tahun 2016 lalu, tapi sebagai pengganti Gianluigi Buffon belaka. Buffon yang telah 168 kali membela Italia dan baru saja mencatat rekor 1.000 kali bermain profesional berencana pensiun dari timnas sehabis Piala Dunia 2018 mendatang. Italia tak perlu khawatir karena telah memiliki kiper muda berkualitas pada diri Donnarumma sebagai suksesor sang legenda.

Kemenangan Italia atas Belanda menambah luka sang tuan rumah. Tim Oranye baru saja memecat Danny Blind sebagai pelatih setelah dikalahkan Bulgaria 0-2 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A Zona Eropa yang berlangsung Sabtu lalu (25/3). Belanda terancam gagal ke Piala Dunia 2018, setelah sebelumnya tidak berhasil tampil di Piala Eropa 2016 ketika ditangani Guus Hidink. Fred Grim selaku pelatih sementara Belanda tidak mampu menghindarkan anak asuhnya dari hasil buruk yang masih berlanjut. Padahal Tim Oranye sempat unggul 1-0 saat Alessio Romagnoli membobol gawangnya sendiri di menit ke-10. Namun, tim besutan Giampiero Ventura berhasil membalikkan keadaan melalui gol yang dibuat Eder Martins (11') dan Leonardo Bonucci (32').

Meskipun masih berada di papan tengah klasemen sementara Serie A 2016/17, Milan menyumbang dua pemain inti kala Italia menundukkan Belanda. Ada Donnarumma dan Romagnoli yang bermain penuh, sementara Mattia De Sciglio hanya menjadi pemain cadangan. Selain itu, terdapat dua jebolan tim junior I Rossoneri yang juga diturunkan oleh Ventura, yaitu Matteo Darmian (Manchester United) dan Andrea Petagna (Atalanta). Bagi Petagna, itulah debutnya memperkuat timnas senior Italia.

Pemain Milan lainnya pun mengukir rekor apik bagi negaranya. Gerard Deulofeu membuat gol pertamanya bagi Spanyol sewaktu timnya menaklukkan tuan rumah Prancis 2-0. Laga ujicoba berlangsung di Stade de France pada Selasa (28/3). Pemain yang dipinjam Milan dari Everton tersebut dipanggil Julen Lopetegui untuk pertama kalinya. Deulofeu dimainkan di menit ke-67 menggantikan Pedro Rodriguez dan sukses membobol gawang Hugo Lloris di menit ke-77. Pemain jebolan tim junior Barcelona itu pernah menjadi andalan Spanyol U-21 di bawah asuhan Luis Milla, yang kini menjadi pelatih Indonesia. 

Namanya rada meredup ketika bermain di Everton dan Sevilla, kendati sempat menjalani debutnya di timnas senior Spanyol pada 2014 menghadapi Bolivia. Uniknya, saat itu Gerard juga menjadi pengganti Pedro. Lopetegui melihat peningkatan performa Deulofeu sejak hijrah ke Milan pada awal 2017, sehingga memberinya kesempatan kembali ke La Furia Roja. Padahal sebenarnya I Rossoneri juga memiliki Suso-sebagai sesama pemain Spanyol-yang bermain sangat konsisten sejak awal musim, tapi ternyata belum cukup menarik minat pelatih Spanyol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar