Minggu, 12 Agustus 2018

Indonesia Kalahkan Taiwan di Laga Pertama

Cabang sepak bola di Asian Games 2018 telah dimulai. Indonesia berhasil menundukkan Taiwan 4-0 dalam penampilan pertamanya yang berlangsung Minggu (12/8/2018) di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Semua gol anak asuh Luis Milla tercipta di babak kedua. Stefano Lilipaly mencetak dua gol (67' dan 76'), sedangkan gol lainnya dibuat Alberto "Beto" Goncalves (71') dan Muhammad Hargianto (90'+3). 

Ada sejumlah keunikan tentang para pencetak gol Indonesia. Ketiga pemain memiliki nama depan/panggilan yang berakhiran huruf "o" : Stefano, Beto, dan Hargianto. Ketiganya juga memiliki nomor kostum yang berurutan : Lilipay (10), Beto (9), dan Hargianto (8). Lilipaly dan Beto berstatus sebagai pemain senior dan merupakan pemain naturalisasi. Jika Lilipaly semula adalah orang Belanda berdarah Maluku, maka Beto adalah orang Brasil asli. Stefano Lilipaly sudah menjadi andalan timnas senior Indonesia saat tampil di Piala AFF 2016, sedangkan Beto baru menjalani debut resminya di Asian Games 2018 yang merupakan turnamen olahraga multicabang se-Asia. 

Dua gol Stefano tercipta di angka yang unik, menit ke-67 dan 76. Gol pertama dicetaknya lewat sundulan memanfaatkan tendangan bebas Febri Hariyadi. Gol kedua tercipta dengan sebuah tendangan salto nan indah, umpan dari Rezaldi Hehanusa. Lilipaly juga memberikan assist untuk Beto yang menjadi gol kedua Indonesia. Sementara itu, gol Hargianto juga tak kalah kerennya dengan sebuah tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Hargianto diturunkan di menit ke-68 untuk menggantikan Evan Dimas. Selanjutnya, Indonesia akan bertemu dengan Palestina pada laga kedua Grup A yang berlangsung Rabu (5/8). Mudah-mudahan kemenangan bisa kembali diraih oleh Hansamu Yama dkk.

Sementara itu, ada yang berbeda dengan kostum yang dikenakan Skuat Garuda. Timnas U-23 mengenakan kostum dengan merek Lining yang merupakan sponsor resmi kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Uniknya, seragam latihan dan jaket yang dipakai para pemain tetap Nike, tapi sudah dengan desain anyar yang lebih segar ketimbang sebelumnya.

Indonesia vs Taiwan :
Andritany; Putu Gede, Hansamu Yama (k), Ricky Fajrin, M. Rezaldi Hehanusa; Zulfiandi, Evan Dimas (M. Hargianto '68); Irfan Jaya (Saddil Ramdani 60'), Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Beto Goncalves (Ilham Udin 83').



Tidak ada komentar:

Posting Komentar