Selasa, 11 Desember 2018

Persija Juara Liga 1 2018


Persija Jakarta akhirnya memastikan diri menjadi juara Gojek Liga 1 2018 setelah menang 2-1 atas Mitra Kukar dalam laga pamungkas yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada Minggu (8/12/18). Dua gol anak asuh Stefano "Teco" Cugurra diborong oleh Marco Simic. Dengan kemenangan tersebut Macan Kemayoran mengoleksi poin 62 dan hanya unggul satu poin atas PSM Makassar yang di saat bersamaan mengandaskan PSMS Medan 5-1.


Bambang Pamungkas tercatat dalam sejarah sebagai satu-satunya pemain Persija yang dua kali menjadi juara Liga Indonesia. Trofi pertama diperolehnya pada Liga Indonesia 2001, saat itu Persija mengalahkan PSM 3-2 dalam babak final yang juga berlangsung di SUGBK. Bambang bahkan menyumbang dua gol, sedangkan satu gol lainnya dibuat oleh Imran Nahumarury.



Persija tidak hanya menjadi tim terbaik di Liga 1 2018. Dua personelnya juga terpilih sebagai yang terbaik, yaitu Teco sebagai pelatih terbaik dan Rohit Chand sebagai pemain terbaik. Aleksandar Rakic (PS Tira) menjadi pencetak gol terbanyak musim ini dengan mencetak 21 gol. Osvaldo Haay (Persebaya) terpilih sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2018. Sementara itu, tiga tim yang mesti mengalami degradasi ke Liga 2 musim depan adalah Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan PSMS Medan. PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra akan menggantikan mereka sebagai tim promosi Liga 2 2018.

Dengan statusnya sebagai kampiun, maka Persija berhak mengikuti kualifikasi Liga Champion Asia 2019. Jika gagal, maka Persija akan bermain di Piala AFC 2019 bersama PSM. Namun jika Persija berhasil menembus babak utama Liga Champion, maka PSM dan Bhayangkara FC yang bermain di Piala AFC.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar