Selasa, 06 September 2016

Pesta Gol Spanyol dan Italia Menang Tandang

Spanyol dan Italia, dua tim yang diunggulkan lolos dari Grup G dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA, sama-sama meraih kemenangan di laga pertamanya yang berlangsung Senin malam (5/9/2016) waktu setempat. Bermain di depan publik sendiri di Leon, Spanyol menaklukkan Liechtenstein 8-0. Tiga pemain La Roja masing-masing mencetak dua gol, yaitu : Diego Costa, David Silva, dan Alvaro Morata. Dua gol lainnya masing-masing dibuat oleh Sergi Roberto dan Vitolo. Tim besutan Julen Lopetegui sempat kesulitan mencetak gol di babak pertama dan satu sundulan Costa belaka yang berbuah gol. Pada 45 menit kedua para pemain Spanyol baru menunjukkan ketajamannya. Diego Costa -striker berdarah Brasil yang memilih membela Spanyol sejak 2014- seperti terlahir kembali ketika Tim Matador baru saja mengganti manajernya. Selama bermain untuk Spanyol di bawah asuhan Vicente del Bosque, Costa gagal menghadirkan ketajamannya sebagaimana kala bermain untuk Atletico Madrid maupun Chelsea. David Silva pun mampu menunjukkan bahwa tanpa kehadiran Xavi dan Andres Iniesta, Spanyol tetap sebuah tim yang mampu meraih kemenangan dengan performa menawan.
Alvaro Morata mengikuti jejak Diego Costa dengan mencetak dua gol ke gawang Liechtenstein.

Morata yang turun menggantikan Costa di menit ke-69 ternyata sanggup menyumbang dua gol pada 10 menit terakhir pertandingan. Striker yang baru kembali ke Real Madrid itu sejak Euro 2016 selalu mengenakan kostum nomor tujuh di timnas, kostum yang sama pernah dipakai Raul Gonzales dan David Villa, dua striker paling tajam La Roja sepanjang masa. Rekan seklub Morata, Marco Asensio, menjalani debutnya di tim senior saat Spanyol sudah unggul 5-0 dan membantu merancang gol pertama Morata di menit ke-82. Spanyol pun berhak memimpin klasemen Grup G, unggul dalam produktivitas gol ketimbang Italia. 

Giampiero Ventura akhirnya mampu membawa Italia meraih kemenangan setelah menundukkan Israel 3-1 dalam laga tandang Kualifikasi Piala Dunia 2018. Dalam debutnya menangani Gli Azzuri sekian hari silam, Ventura mengalami kekalahan dari Prancis. Gol Italia diciptakan oleh Graziano Pelle, Antonio Candreva, dan Ciro Immobile. Italia, yang tampil dengan kostum tandang termutakhirnya, sempat bermain dengan 10 pemain selama 35 menit, kala Giorgio Chiellini mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-55. Uniknya, Chiellini sedang menjalani laga ke-90 kalinya bersama timnas dan justru memperoleh hadiah kartu merah dari wasit. Italia sudah unggul 2-1 atas Israel di babak pertama dan Immobile menggenapkan kemenangan tim tamu menjadi 3-1.
Selebrasi Antonio Candreva selepas mencetak gol kedua Italia lewat titik penalti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar