Senin, 09 Januari 2017

Asa Sepak Bola Indonesia di 2017

Kongres PSSI yang berlangsung pada Minggu (8/1/2017) di Bandung menghasilkan sejumlah keputusan penting. Persebaya dan enam tim yang selama ini mendapat sanksi kembali menjadi anggota PSSI. Persebaya akan bermain di Divisi Utama, sementara yang lain bermain di Liga Nusantara. Beberapa nama klub yang berganti nama telah disetujui. Liga Indonesia menurut rencana akan digelar mulai Maret 2017 mendatang. Sejumlah regulasi baru akan mewarnai kompetisi mendatang, seperti pemain asing yang dibatasi maksimal tiga orang (2 pemain dari mana saja+1 pemain Asia) dan kewajiban mendaftarkan pemain U-23.

Nama calon pelatih timnas senior yang merangkap timnas U-23, timnas U-19, dan tim U-16 Indonesia telah diumumkan, meski siapa yang akhirnya terpilih masih dalam proses. Yang jelas, Alfred Riedl, pelatih timnas di Piala AFF 2016, sudah tidak dipercaya lagi oleh pengurus baru PSSI. Luis Fernandez (Prancis) dan Luis Milla (spanyol) menjadi kandidat arsitek timnas senior. Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal dijagokan menangani timnas U-19. Fachri Huzaini dan Rudy Eka Priyambada merupakan calon pelatih timnas U-16. Justru satu nama yang sudah pasti adalah ditunjuknya Danurwindo sebagai direktut teknik timnas, menyisihkan nama Riedl dan Pieter Huistra (Belanda).

Ketika niat bersih untuk membenahi sepak bola nasional diiringi dengan cara-cara yang baik, maka mudah-mudahan hasilnya pun akan baik. Tapi mesti diingat bahwa dalam hal apa saja, untuk meraih keberhasilan, perlu perjuangan, kesabaran, dan melewati proses yang bisa jadi panjang. Semoga tidak cepat menyerah untuk terus berbenah, demi kejayaan Indonesia tercinta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar