Senin, 25 Juni 2018

Persaingan Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia 2018

Harry Kane untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2018 dengan total lima gol. Kapten Inggris tersebut mencetak tiga gol ketika timnya menang 6-1 atas Panama. John Stones, bek Inggris asal Manchester City, ikut menyumbang dua gol dalam laga tersebut. Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Romelu Lukaku menyusul dengan koleksi empat gol. Ronaldo membuat gol teramung Portugal saat menundukkan Maroko 1-0. Lukaku menyumbang sepasang gol ketika Belgia menaklukkan Tunisia 5-2. Eden Hazard, kapten Belgia, juga membuat dua gol dalam pertandingan tersebut. 

Ahmed Musa (Nigeria) memborong semua gol timnya saat menang 2-0 atas Islandia. Stones, Hazard, Musa, Philippe Coutinho (Brasil), Artem Dzyuba (Rusia), dan Luka Modric (Kroasia) sama-sama mencetak dua gol sejauh ini. Sementara itu, Denis Cheryshev (Rusia) dan Diego Costa (Spanyol) kompak mencetak tiga gol di Rusia. Persaingan menjadi top scorer di Rusia tidak hanya diikuti oleh para pemain yang sudah tersebut di atas. Sejumlah striker top juga sudah membuat gol pertamanya, seperti Antoine Griezmann (Prancis), Neymar (Brasil), Luis Suarez (Uruguay), Kylian Mbappe (Prancis), dan Radamel Falcao (Kolombia). 

Ronaldo mencatat rekor baru setelah membuat gol keempat di Rusia. Gol itu menjadikan koleksi golnya untuk Portugal menjadi 85 buah. Ia menjadi pemain Eropa tersubur di level internasional dan melewati rekor Ferenc Puskas (Hongaria/Spanyol) yang mencetak 84 gol. Rekor pencetak gol terbanyak di dunia masih ditempati oleh Ali Daei (Iran) dengan 109 gol. Sebelumnya, CR7 sudah membuat rekor selalu mencetak gol dalam empat Piala Dunia (2006, 2010, 2014, dan 2018). Keisuke Honda (Jepang) yang golnya menyelamatkan timnya dari kekalahan melawan Senegal (2-2) juga membuat rekor selalu mencetak gol dalam tiga Piala Dunia (2010, 2014, dan 2018). 

Gol tunggal Mbappe ke gawang Peru menjadikannya pemain termuda Prancis yang mampu mencetak gol di Piala Dunia dan Piala Eropa. Mbappe berusia 19 tahun 6 bulan dan dia bahkan belum lahir ketika Prancis meraih trofi Piala Dunia 1998. Gol Falcao saat melawan Polandia merupakan gol pertamanya di Piala Dunia. Kapten Kolombia itu menajamkan rekor pribadinya sebagai striker tersubur negaranya dengan 30 gol dari 75 caps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar