Selasa, 16 Februari 2016

Absensi Milan dan United di Liga Champion

Mengenang babak perdelapan final Liga Champion Eropa 2009/10, salah satu duel seru terjadi antara AC Milan dan Manchester United. Milan merupakan pengoleksi tujuh trofi Piala/Liga Champion, hanya kalah dari Real Madrid yang pernah 10 kali menjadi kampiun. Sementara itu United pernah tiga kali menjadi yang terbaik di kejuaraan kasta teratas antarklub Eropa. Pada pertemuan kedua tim enam tahun silam, I Rossoneri takluk dari The Red Devils dengan skor agregat 2-7. Milan yang waktu itu dilatih oleh Leonardo dua kali dikalahkan tim asuhan Sir Alex Ferguson, meski masih diperkuat sejumlah pemain bintang, seperti Alessandro Nesta, Andrea Pirlo, Filippo Inzaghi, dan David Beckham. Langkah United sendiri di Eropa waktu itu terhenti di babak perempat final ditundukkan oleh Bayern Muenchen.

Tidak ada nama Milan dan United di 16 Besar Liga Champion Eropa 2015/16 yang berlangsung pada Februari-Maret 2016. Sudah dua musim Tim Merah-Hitam absen dari kejuaraan antarklub Benua Biru. United yang sejak musim 2014/15 dibesut oleh Louis van Gaal sebenarnya sempat tampil di Liga Champion musim ini, tapi Wayne Rooney dkk gagal di babak penyisihan Grup B. Tim Setan Merah hanya berada di bawah Wolfsburg dan PSV Eindhoven, serta di atas CSKA Moskow, sehingga mesti puas turun kasta bermain di Liga Europa. United akan menghadapi FC Midtjylland (Denmark) di babak 32 Besar Liga Europa yang laga seri pertamanya akan berlangsung Kamis (18/2). Jika ingin tampil kembali di Liga Champion musim mendatang, Anthony Martial dkk mesti mampu menjadi juara Liga Europa 2015/16. Sejak musim lalu, kampiun Liga Europa otomatis mendapat tiket Liga Champion musim berikutnya. Peluang anak-anak asuh Van Gaal untuk menempati posisi empat besar Liga Inggris musim ini terasa semakin terjal dan berliku. Dalam dua laga terakhir United gagal menang, hanya bermain imbang 1-1 dengan Chelsea (6/2) dan kalah 1-2 dari Sunderland (13/2). Pada pekan ke-26 United tertahan di posisi lima klasemen sementara Liga Primer dengan selisih enam poin di bawah Manchester City. United akan menjamu Arsenal pada pekan ke-27 pada Sabtu (27/2).
Carlos Bacca membuat gol ke-13 untuk Milan. (AFP)
Biarpun Milan masih berada di nomor enam hingga giornata 25 Serie A, tapi peluang ke Eropa musim depan masih cukup terbuka. Dalam dua pertandingan terakhir, tim besutan Sinisa Mihajlovic ditahan seri 1-1 oleh Udinese (7/2) dan mengalahkan Genoa 2-1 (14/2). Persaingan untuk merebut tiket terakhir Liga Champion masih bisa terjadi antara Fiorentina (49), AS Roma (47), Internazionale (45), dan Milan (43). Sementara itu perebutan scudetto 2015/16 hanya akan menjadi duel antara Juventus (57) dan Napoli (56). Dengan melewati tujuh laga terakhir tanpa kalah, Mihajlovic optimistis timnya akan berhasil menduduki posisi tiga di akhir musim nanti. Forza Milan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar