Selasa, 05 April 2016

Debut Manis Zidane dalam El Clasico

Teriakan kemenangan Zinedine Zidane di samping Luis Enrique. (goal.com)
Zinedine Zidane menjalani debutnya sebagai manajer Real Madrid dalam El Clasico dengan manis. Bermain tandang di Camp Nou pada Sabtu malam (2/4), Los Blancos mampu mengandaskan tim tuan rumah dengan skor 2-1. Apa yang dilakukan Zidane lebih baik ketimbang Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti yang menjalani el clasico perdananya dengan kekalahan. Mudah-mudahan merupakan pertanda bagus bahwa prestasi Zizou bersama Madrid nantinya bakal lebih gemilang ketimbang para pendahulunya. Pada masa silam Zidane sudah kerap berjumpa dengan Luis Enrique sebagai sesama pemain. Pertemuan mereka pada awal April 2016 merupakan yang pertama sebagai sesama pelatih.

Barcelona lebih dahulu unggul 1-0 berkat gol Gerard Pique pada menit ke-56. Karim Benzema menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan gol akrobatiknya pada menit ke-63. Sebenarnya sundulan Gareth Bale sempat membobol gawang Claudio Bravo pada menit ke-80, tapi sayangnya dianulir wasit tanpa alasan yang jelas. Empat menit kemudian, Sergio Ramos mendapat kartu merah. Namun penampilan anak asuh Zidane tidak merapuh dengan 10 pemain belaka, justru Cristiano Ronaldo sukses menyelesaikan umpan manis Bale menjadi gol kemenangan Los Merengues pada menit ke-85. Jika gol Bale tidak dibatalkan wasit, maka seluruh personel Trio BBC (Karim Benzema, Christian Bale, Cristiano Ronaldo) sebenarnya menyumbang gol dalam sebuah pertandingan el clasico. Tapi setidaknya kali ini tiga penyerang Madrid tampil lebih apik ketimbang Trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar Junior) milik Barcelona.

Gol penentu kemenangan Madrid atas Barcelona dicetak Ronaldo. (AFP)
Barcelona merupakan klub yang paling banyak dibobol Cristiano dalam sejarah kariernya. CR7 tercatat sudah mencetak 16 gol ke gawang klub asal Catalan itu dalam 28 laga yang dimainkannya. Rekor itu mengalahkan Lionel Messi yang baru membuat 15 gol dalam el clasico. Dan kemenangan 2-1 atas Blaugrana menjadi kemenangan ke-250 bagi Ronaldo bersama Los Blancos sejak musim 2009/10. Kemenangan Madrid di Camp Nou tersebut menjadi yang pertama sejak 21 April 2012. Ketika itu CR7 dkk juga meraih kemenangan 2-1 berkat gol Sami Khedira dan Ronaldo.

Kemenangan dalam el clasico menambah motivasi Madrid dalam menghadapi Wolfsburg di laga perempat final Liga Champion yang berlangsung Rabu (6/4). Mimpi meraih trofi ke-11 di ajang antarklub juara Eropa kian mendekati kenyataan.
Kendati peluang Barcelona menjuarai La Liga 2015/16 tetap yang paling besar, namun setidaknya rekor 39 kali kemenangan beruntun di segala kompetisi telah terhenti di tangan Madrid. Jarak kedua tim di klasemen menjadi tujuh poin pada jornada 31, sementara Atletico Madrid -lawan El Barca di 8 besar Liga Champion- berselisih enam poin di bawah tim besutan Luis Enrique.

Susunan Pemain
Barcelona: 13-Claudio Bravo; 3-Gerard Piqué, 6-Dani Alves, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 4-Ivan Rakitic (7-Arda Turan 74), 5-Sergio Busquets, 8-Andrés Iniesta; 9-Luis Suárez, 10-Lionel Messi, 11-Neymar
Pelatih: Luis Enrique
Real Madrid: 1-Keylor Navas; 3-Pepe, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo, 14-Dani Carvajal; 14-Casemiro, 19-Luka Modric, 8-Toni Kroos; 7-Cristiano Ronaldo, 11-Gareth Bale (18-Lucas Vazquez 90+1), 9-Karim Benzema (20-Jese Rodriguez 78)
Pelatih: Zinedine Zidane
Wasit: Alejandro Hernández




Tidak ada komentar:

Posting Komentar