Senin, 10 Oktober 2016

Indonesia Ditahan Vietnam di Maguwoharjo

Setelah September lalu mampu mengandaskan Malaysia di Solo, Indonesia menjalani pertandingan keduanya -sehabis menjalani masa hukuman- dengan menjamu Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, pada hari Minggu, 9 Oktober 2016. Tim tuan rumah justru lebih dulu tertinggal 0-2 di awal babak pertama. Namun Boaz Solossa dkk pantang menyerah dan tetap bermain penuh semangat untuk mengejar ketertinggalan. Hasilnya, Zulham Zamrun menciptakan sebuah gol indah dari tendangan bebas pada menit ke-26. Dua menit kemudian, berawal dari akselerasi Andik Vermansah di sektor kiri pertahanan Vietnam, Irfan Bachdim membuat gol kedua Tim Garuda, assist dari Zulham Zamrun. Skor 2-2 di akhir babak pertama ternyata tidak berubah hingga menit ke-90, biarpun kedua tim melakukan sejumlah pergantian pemain.
Tim inti Indonesia menghadapi Vietnam di Maguwoharjo Sleman. (FFT Indonesia)
Alfred Riedl menurunkan tim inti yang nyaris sama persis dengan ketika menghadapi Malaysia. Hanya Dedi Kusnandar yang menggantikan Bayu Pradana menjadi satu-satunya perubahan. Bagi Dedi, yang kini bermain di Sabah FA (Malaysia), penampilan di Maguwoharjo merupakan debutnya bersama timnas senior. Sebelumnya, mantan pemain Persib itu pernah menjadi andalan timnas U-23 Indonesia di SEA Games dan Asian Games. Pemain lain yang tampil pertama untuk timnas senior adalah Septian David Maulana, rekan Evan Dimas di timnas U-19 tahun 2013-2014.
Tendangan bebas Zulham berbuah gol pertama Indonesia ke gawang Vietnam. (Herka Yanis/BOLA/JUARA.net)
Dua gol cepat Vietnam ke gawang Andritany Ardhiyasa membuktikan bahwa sektor pertahanan Indonesia masih perlu pembenahan. Alfred pun mencatat bahwa kebugaran fisik menjadi masalah bagi anak asuhnya. Pertandingan internasional memiliki tempo yang lebih cepat ketimbang pertandingan antarklub di tanah air dan para pemainnya harus memiliki fisik yang lebih baik. Semoga masih ada waktu untuk memperbaiki kelemahan yang ada sebelum terjun di Piala AFF 2016 akhir November mendatang. Dua laga uji coba masih akan dijalani Evan Dimas dkk awal bulan depan. Indonesia akan bertandang ke Myanmar (4/11) dan Vietnam (8/11). 

Dua kali bermain -setelah lebih dari setahun absen- dengan hasil sekali menang dan sekali imbang bukanlah hal yang mengecewakan bagi timnas Indonesia. Meskipun tentu saja bukan sesuatu yang sangat memuaskan pula. Setidaknya, penunjukan Alfred Riedl sebagai pelatih oleh PSSI dan tampilnya sejumlah pemain baru, sejauh ini memberi harapan bagi pencinta sepak bola di tanah air. Apalagi sang pelatih kurang leluasa memilih karena hanya bisa memanggil maksimal dua pemain dari klub-klub yang sedang mengikuti turnamen Torabika Soccer Championship 2016. Sesuatu yang memang aneh karena sebuah tim nasional mestinya terdiri dari para pemain terbaik di negaranya, tanpa pembatasan dari pihak klub.
Aksi Boaz Solossa, kapten Indonesia. (Nicklas Hanoatubun/BOLA.com)
Namun bagi saya pribadi, dua pertandingan Indonesia yang selalu disiarkan langsung RCTI, cukup mengecewakan. Bukan masalah hasilnya, tapi karena saya tidak tidak pernah bisa menyaksikannya secara penuh. Ketika Indonesia vs Malaysia (7/9), saya hanya menonton 45 menit kedua karena masih ada acara di luar rumah. Nah, saat Indonesia vs Vietnam (9/10) kemarin, saya justru hanya bisa melihat sekitar 20 menit babak pertama, kala Andritany harus dua kali memungut bola dari gawangnya. Saya harus pergi jam lima sore Minggu kemarin. Syukurlah, Tim Merah Putih tidak kalah pada akhir laga. Semoga pada pertandingan-pertandingan selanjutnya, saya bisa senantiasa menjadi saksi secara penuh penampilan Irfan Bachdim dkk yang akan terus membaik.
Sukacita Zulham, Irfan, dan Evan setelah gol dicetak Irfan.(Bahktiar M/OFFSIDE.CO.ID)
Susunan pemain Indonesia : Andritany Ardhiyasa; Benny Wahyudi, Fachrudin Wahyudi, Rudolof Yanto Basna, Abdul Rahman (M.Abduh Lestaluhu 46'); Andik Vermansah (Septian David Maulana 84'), Dedi Kusnandar (Bayu Pradana 46'), Evan Dimas, Zulham Zamrun (Rizky Pora 65'); Boaz Solossa (Lerby Eliandry 76'), Irfan Bachdim (Ferdinand Sinaga 76') 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar