Senin, 21 November 2016

Kekalahan Pertama Indonesia di Piala AFF 2016

Indonesia mengawali kiprahnya di Piala AFF 2016 yang berlangsung Sabtu lalu (19/11/2016) dengan menelan kekalahan 2-4 dari Thailand. Selama ini sebenarnya kita mengerti bahwa sepak bola Thailand di atas kertas memang selalu berada di atas Indonesia. Faktanya, Thailand saat ini sedang bersaing dengan tim-tim papan atas Asia (Australia, Arab Saudi dan Irak) di babak ketiga zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia. Sebelum berlaga di Piala AFF 2016, Thailand bermain seri 2-2 dengan Australia pada Selasa lalu (15/11). Sementara itu, Tim Merah Putih baru beberapa bulan kembali eksis setelah bebas dari sanksi FIFA dan sekitar satu tahun absen dari pertandingan internasional. Alfred Riedl sebagai pelatih Indonesia mengalami banyak kendala, antara lain PSSI yang sedang mengalami masa transisi, keterbatasan waktu persiapan, dan karena ia tidak bisa memilih pemain dengan leluasa (hanya dua pemain dari satu klub yang sama). Mesti disyukuri terlebih dahulu bahwa skuat Garuda bisa ikut berpartisipasi dalam Piala AFF 2016, mengingat apa yang terjadi sepanjang 2015 hingga Mei 2016 silam. Menjelang turnamen, timnas mendapat cobaan berat dengan cederanya Irfan Bachdim. Ferinando Pahabol yang dipilih untuk menggantikan Irfan ternyata tidak diizinkan bergabung oleh klubnya. Akhirnya Muchlis Hadi dari PSM Makassar yang ditunjuk  pelatih dan menyusul bergabung dengan rekan-rekannya di Filipina.
Lerby Eliandry merayakan golnya bersama Rizky Ripora ala manequin.
Gawang Kurnia Meiga kebobolan dua gol di awal babak pertama karena lemahnya koordinasi pertahanan Tim Merah Putih. Babak pertama Thailand unggul 2-0. Indonesia sempat menyamakan kedudukan melalui gol lewat sundulan kepala Boaz Solossa (53') dan Lerby Eliandry (56'). Boaz memanfaatkan assist dari Rizky Ripora di sayap kiri, sedangkan assist untuk Lerby dibuat oleh Beny Wahyudi. Bagi Lerby, yang Senin hari ini (21/11) berulang tahun ke-25, itulah gol pertamanya untuk timnas. Kedua tim sempat bermain imbang 2-2. Sayang sekali, menurunnya stamina dan konsentrasi Stefano Lilipaly dkk membuat Thailand mencetak dua gol lagi di menit ke-70 dan 90. Teerasil Dangda membuat tiga dari empat gol Tim Gajah Putih.

Untuk pertama kalinya Indonesia mengalami kekalahan di laga perdana Piala AFF. Namun sejarah pernah mencatat bahwa Vietnam (2008) dan Malaysia (2010) pernah menjadi kampiun Piala AFF, kendati mengalami kekalahan di laga perdana turnamen. Uniknya, Vietnam mengalahkan Thailand di final, tim yang mengalahkannya di awal Piala AFF 2008. Demikian pula yang terjadi Malaysia yang menundukkan Indonesia di final Piala AFF 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar