Selasa, 22 November 2016

Tim Merah Putih Belum Bisa Menang

Menghadapi tuan rumah Filipina, Indonesia hanya bisa bermain imbang 2-2 pada laga kedua Piala AFF 2016 yang berlangsung Selasa malam (22/11/2016) di Stadion Phillipine Sports. Tim Merah Putih baru mengumpulkan poin satu dan belum bisa meraih kemenangan sepanjang menjalani turnamen. Posisi Indonesia pun tidak berubah berada di juru kunci grup di bawah Thailand, Filipina, dan Singapura. 

Gol sundulan Fachruddin Wahyudi Aryanto, yang memanfaatkan assist dari Stefano Lilipaly, membawa Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-7. Misagh Bahadoran menyamakan kedudukan di menit ke-31. Babak pertama berakhir imbang 1-1. Boaz Solossa membuat Indonesia unggul 2-1 pada menit ke-68 memanfaatkan bola liar hasil tendangan Andik Vermansah yang membentur tiang gawang Filipina. Itulah gol Boaz kedua Boaz di Piala AFF 2016 dan golnya ke-13 dari 36 caps untuk Indonesia. Sayang sekali, gawang Kurnia Meiga mesti jebol lagi untuk kedua kalinya. Phil Younghusband membuat gol tendangan bebas yang indah di menit ke-82. Kedudukan 2-2 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan wasit Yu Ming Hsun. Tim Merah Putih gagal membalas kekalahan 0-4 dari Filipina di Piala AFF 2014, tapi setidaknya tidak mengulangi hasil buruk dua tahun silam.

Peluang ke semifinal masih terbuka, jika pada pertandingan terakhir Indonesia mampu mengalahkan Singapura, sementara Filipina gagal menang atas Thailand. Singapura kalah 0-1 dari Thailand, setelah bermain seri dengan Filipina di laga pertama. Dengan demikian, Singapura dan Indonesia sama-sama sekali seri dan sekali kalah selama menjalani turnamen. Apa yang dicapai Indonesia dalam dua laga grup Piala AFF 2016 sama dengan yang diraih dua tahun lalu, yaitu sekali imbang dan sekali kalah. Tahun ini tim asuhan Alfred Riedl lebih produktif dengan empat gol, tapi gawang Meiga sama kebobolan enam gol. Jika pada Piala AFF 2014 Evan Dimas dkk mampu menang 5-1 atas Myanmar di laga ketiga, mudah-mudahan hasil yang sama bisa terwujud kala melawan Singapura pada Jumat (25/11) mendatang. Semoga keberuntungan pun menyertai skuat Garuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar