Kamis, 14 September 2017

Kemenangan MU dan Madrid di Laga Perdana Liga Champion 2017/18

Manchester United dan Real Madrid mengawali perjalanannya di UEFA Champions League 2017/18 dengan sama-sama meraih kemenangan 3-0 atas lawan-lawannya. United mengalahkan FC Basel (Swiss) dalam pertadingan Grup A yang berlangsung di Old Trafford pada Selasa (12/9/2017) waktu setempat. Jose Mourinho membuat kejutan dengan memberi kepercayaan kepada Paul Pogba sebagai kapten. Ashley Young, Chris Smalling, Victor Lindelof, dan Daley Blind mengisi kuartet pertahanan di depan kiper David de Gea. Pogba dan Nemanja Matic sebagai gelandang bertahan. Juan Mata, Henrikh Mkhitaryan, dan Anthony Martial sebagai gelandang menyerang, sedangkan Romelu Lukaku menjadi striker utama. Pogba terpaksa ditarik keluar di menit ke-19 karena cedera. Marouane Fellaini, yang menggantikan posisinya, justru mampu membuka kemenangan timnya di menit ke-35 melalui sundulan yang merupakan assist dari Young. Lukaku mencetak gol kedua MU di menit ke-53 lewat sundulan menyambut umpan Blind. Marcus Rashford, yang menggantikan Mata di menit ke-78, memperbesar keunggulan timnya dengan golnya di menit ke-84. Satu lagi pemain cadangan yang diturunkan adalah Jesse Lingard yang menggantikan Martial. Lukaku dan Rashford mencatat sejarah dalam kariernya dengan mencetak gol pertamanya di Liga Champion Eropa. Lukaku sejauh ini telah mengoleksi enam gol di awal musim 2017/18, sedangkan Rashford menorehkan rekor sebagai pemain yang selalu mencetak gol dalam debutnya bersama MU di semua ajang maupun timnas Inggris.
Tiga pemain MU penjebol gawang Basel.
Real Madrid mengawali kampanye merebut trofi Liga Champion ke-13 dengan mengandaskan APOEL (Siprus) di Santiago Bernabeu pada Rabu (13/9) waktu setempat. Cristiano Ronaldo mencetak dua gol lewat tendangan hasil assist Gareth Bale (12') dan tendangan penalti (51'). Gol ketiga dibuat Sergio Ramos dengan tendangan salto menerima umpan sundulan Bale di menit ke-61.  Dengan sepasang golnya, CR7 kian mempertajam rekornya dengan total 107 gol telah diciptakannya di Liga Champion. Zinedine Zidane memberi kesempatan kepada Dani Ceballos (menggantikan Isco) dan Borja Mayoral (menggantikan Bale) merasakan debutnya bersama Los Blancos di Eropa. El Real pun memimpin Grup H diikuti Tottenham Hotspur yang menang 3-1 atas Borussia Dortmund.
Cristiano Ronaldo berbagi sukacita bersama rekan-rekannya.
Kemenangan Tim-Tim Unggulan
Selain United dan Madrid, tim-tim unggulan lainnya pun berhasil meraih kemenangan. Bayern Muenchen mengandaskan Anderlecht 3-0 dan PSG menang 5-0 atas Glasgow Celtic di Grup B. Chelsea pesta gol 6-0 melawan Qarabag FK (Azerbaijan) di Grup C. Barcelona menaklukkan Juventus-pesaing terberatnya di Grup D-dengan skor 3-0. Manchester City unggul 4-0 atas Feyenoord di Grup F, meski bermain tandang. Hanya Juventus yang mesti menelan pil pahit karena langsung bertemu dengan Barcelona di laga pembuka musim ini. 

Terdapat enam orang pemain yang langsung mencetak dua gol dalam pertandingan pertama UCL 2017/18. Mereka adalah Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Lionel Messi (Barcelona), Harry Kane (Tottenham Hotspur), Edinson Cavani (PSG), Felipe Pardo (Olympiakos), dan John Stones (Manchester City). Empat nama pertama tidak mengherankan karena mereka adalah striker papan atas Eropa dan timnya berhasil menang. Dua nama berikutnya menjadi kejutan tersendiri. Felipe Pardo memiliki catatan unik karena dia bermain sebagai pemain pengganti, mampu memborong dua gol hanya dalam 12 menit, tapi timnya justru kalah 2-3 dari Sporting CP. John Stones menjadi satu-satunya bek yang bisa membuat sepasang gol bagi timnya, padahal City memiliki striker haus gol seperti Sergio Aguero dan Gabriel Jesus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar